Memiliki usaha sendiri dan menghasilkan pundi-pundi rupiah dari usaha tersebut merupakan keinginan banyak orang. Selain menguntungkan menjadi pengusaha juga dapat membantu orang lain dengan cara menciptakan lapangan pekerjaan.

Namun perlu diingat bahwa memulai usaha tentu saja selain memerlukan psychological yang tangguh juga membutuhkan modal yang sering kali tidak sedikit. Jika kamu masih ragu dan takut menanggung kerugian karena belum cukup pengalaman, kamu bisa memulai usaha dengan cara reseller.

Reseller merupakan istilah untuk pelanggan yang membeli, kemudian menjual produk lagi kepada pelanggan lain. Kegiatan reseller ini sudah sering dilakukan pada jual-beli online.

Beberapa online shop mungkin ada yang bersedia menerima reseller dan ada juga yang tidak. Jika kamu ingin jadi reseller ada baiknya kamu memperhatikan beberapa persiapan terlebih dahulu agar tidak merugikan dirimu sendiri.

Berikut ini 5 cara menjadi reseller online shop, mudah dan menguntungkan telah dirangkum merdeka.com dari liputan6.

1. Pilih Produk yang Menarik

Cara menjadi reseller online shop yang pertama adalah memilih produk yang menarik. Carilah produk yang menarik dan sedang banyak diminati sebab barang tersebut memiliki nilai jual yang lebih tinggi.

Jika untung yang didapat hanya sedikit, bukan lagi menjadi masalah. Meski untung sedikit jika produk laris terjual maka untungnya juga menjadi berlipat ganda.

Selain memilih produk yang menarik, sebelum menjadi reseller kamu juga perlu mempelajari dan memahami produk yang akan dijual nanti. Tujuannya agar ketika ada pelanggan yang menanyakan, reseller juga bisa lebih pintar menjawabnya.

Pelanggan juga akan menjadi lebih puas dengan pengalaman belanja bersama reseller. Intinya adalah reseller harus memahami kelebihan dan kekurangan produk yang akan dijualnya.

Kamu bisa menemukan produk yang menarik dengan melakukan riset kecil-kecilan di media sosial. Mulai amatilah barang-barang yang sedang digunakan oleh para seleb Instagram. Amati juga makanan yang kerap muncul di instagram stories orang-orang.

2. Pastikan Produsen Berkualitas dan Terpercaya

Memilih produsen yang berkualitas dan terpercaya adalah salah satu dasar cara menjadi reseller online shop. Sebelum menjadi reseller pastikan bahwa kamu telah memilih produsen yang terpercaya, sebab hal ini akan sangat berpengaruh dalam proses penjualan nanti.

Apalagi jika rekan ini bisa didekati dan lebih diakrabi. Semakin akrab maka modal yang dikeluarkan oleh reseller semakin minim.

Produsen yang berkualitas juga penting. Semakin berkualitas produsen yang dipilih, maka kekhawatiran akan produk yang ditawarkan tidak lagi mengganggu pikiran.

Jika sudah menemukan produsen berkualitas, cobalah untuk lebih banyak mencari tau tentang produsen lainnya. Hal ini untuk mengantisipasi produsen satu yang akan kewalahan dengan produksinya dan mengantisipasi kemungkinan lain.

Kamu bisa mulai mengamati toko, produk, dan komentar yang diberikan di online shopnya/media sosialnya. Pastikan bahwa evaluation yang diberikan kepada produk adalah benar dan bukan review bayaran.

Review produk yang benar pasti akan lebih spesifik penuturannya dan tidak dilebih-lebihkan.

3. Pemasaran Produk

Cara menjadi reseller online shop selanjutnya adalah cara pemasaran produk. Pemasaran produk juga harus dikuasai oleh reseller. Kalau bisa, reseller harus lebih pandai menjual produknya.

Kemampuan pemasaran yang mumpuni akan memudahkan reseller dalam menjual produk bahkan bisa jadi akan laku keras di pasaran. Semakin banyak produk yang terjual maka semakin banyak pula keuntungan yang bisa didapatkan oleh reseller.

Adapun hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum pemasaran adalah sebagai berikut:
* Kompetitor yang ada di lapangan
* Lokasi penjualan produk
* Memasarkan produk

Usahakan untuk menetapkan harga jual sebelum bersepakat menjadi reseller. Pastikan juga bahwa potongan harga yang diberikan oleh produsen sudah adil.

Nah, jika mendapat produsen yang tidak ingin memberikan potongan sama sekali lebih baik mencari produsen lain.

Selain memperhatikan kualitas produsen, hal lain yang perlu kamu perhatikan adalah kompetitor yang ada di lapangan. Terutama perhatikan berapa harga yang mereka tawarkan untuk menjual produk serupa. Perhatikan juga cara mereka menjual dan hal menarik apa yang bisa dijadikan pelajaran.

4. Menentukan Toko dan Kuasai Strategi Pemasaran

Setelah kamu memahami tentang produsen dan kompetitor, langkah selanjutnya yang bisa kamu pilih sebagai cara menjadi reseller adalah mulai menentukan toko sebagai tempat untuk jualan online.

Jika sudah menentukan toko, selanjutnya tentukan strategi pemasarannya. Gunakan Google Ads untuk menyasar calon pelanggan melalui pencarian Google.

Biasanya pelanggan ini akan mencari produk melalui pencarian dengan kata kunci. Gunakan Ads Instagram untuk menyasar target demografis pelanggan.

Bisa juga dengan memasang iklan toko online pada market dan memperbanyak artikel terkait produk

5. Lakukan Evaluasi

Jika sudah menerapkan semua cara menjadi reseller online shop, selanjutnya lakukan evaluasi.
Evaluasi ini perlu dilakukan untuk menilai sejauh mana perkembangan penjualan. Untuk menghitung untung rugi penjualan dan membuat strategi baru penjualan.

Dalam sebuah usaha kita perlu mengingat bahwa semakin sering dilakukan evaluasi, maka akan semakin berkembang penjualan yang dilakukan.

Lambat laun, reseller akan menjadi produsen yang bisa memasok barang dagangan sendiri.