Facebook merupakan media sosial yang paling diminati oleh para penjual dalam berbisnisonline. Facebook memiliki kepemilikan akun yang gratis dan merupakan media sosial dengan pengguna terbanyak. Dan pastinya hampir setiap orang memiliki Facebook. Inilah yang menjadi alasan mengapa para pebisnisonlinemelakukan pemasaran melalui Facebook, salah satunya membuat Fan Page.

Mengoptimalkan fungsi Fan Page ternyata tidak semudah membuatnya. Marketing Analyst Sendible Vishal Pindoriya mengungkapkan bahwa keberhasilan penjual berbisnis melalui Fan Page Facebook dipengaruhi oleh jenis konten ataupostingyang dimuat dalam Fan Page tersebut. Pindoriya mengungkapkan ada 5 jenis konten yang akan membuat pembeli tertarik dan memberikan ‘like’ terhadap Fan Page Anda.

1. Konten yang lucu dan menghibur

Semua orang pasti menyukai hal-hal yang lucu, menghibur dan pastinya sangat senang tertawa. Tawa merupakan reaksi yang mengubahmoodseseorang menjadi baik dalam waktu singkat sehingga memotivasi orang untuk memiliki perasaan dan pikiran yang positif. Itulah alasan mengapa Fan Page sering memuat konten lucu dan menghibur agar menarik pembaca untuk memberikan ‘like’.Sebagai pemilik bisnisonline, Anda tidak perlu selalu memuat konten mengenai produk Anda. Selingi konten Anda dengan konten-konten yang menghibur di FanPage bisnis Anda.

2. Konten yang mengandung unsur emosional

Produk yang Anda tawarkan belum tentu mendorong pembeli untuk melakukan pembelian. Karena itu Anda harus memuatpostingyang dapat menarik perhatian pembeli. Anda bisa memulainya dengan menulis konten yang bisa menimbulkan reaksi emosional tertentu, seperti senyum, tawa, menangis, kepedulian ataupun rasa iba.Konten yang menimbulkan rasa emosional akan dapat menarik perhatian lebih terhadap apa yang telah Andapostingsehingga saat Andapostingmengenai produk Anda, pembeli bisa tertarik untuk membaca.

3. Konten yang kontroversial

Anda juga bisa menulis konten dengan topik-topik yang memicu kontroversi.Tulis mengenai dua perspektif yang berbeda dalam satu konten yang sama sehingga orang tertarik untuk membaca perdebatan yang terjadi di FanPage milik Anda. Bisa jadi orang lain juga akan ikut terpancing untuk memberikan komentar atau tanggapan mengenai topik kontrovesial tersebut.

4. Konten yang penting dan esensial

Selain konten yang penuh kontroversi, Anda juga harus menyeimbangkannya dengan konten yang berguna juga. Andabisa memuatpostinganyang sifatnya mendidik dan bermanfaat sesuai dengan bidang bisnis yang Anda geluti melalui FanPage Anda. Contohnya Anda menggunakan Fan Page untuk berbisnisonderdil fixie. Maka Anda dapat menulis konten yang bermanfaat yaitu ideas merakit fixie dengan finances rendah. Konten ini akan berguna bagi pembeli karena dapat menambah pengetahuan mereka saat membeli onderdil fixie.

5. Konten yang bisa menjadi referensi

Ini merupakan konten yang terpenting dalam Fan Page bisnisonline. Penjual harus bisa menyajikan semua konten yang bisa dijadikan referensi dan panduan saat pembeli melakukan pembelian.FanPage harus dikelola dengan baik agar menjadi tempat yang tepat bagi para pembeli untuk menemukan informasi yang dibutuhkan oleh mereka.