Sedang Cari Fakta Tentang Bulan? Inilah 5 Fakta Unik dan Menariknya yang Bisa Diketahui

Bulan merupakan satelit alami bumi yang sudah ada sejak miliaran tahun yang lalu. Meski terlihat hanya sebagai objek penerangan di malam hari, Bulan juga sering menjadi objek penelitian manusia.

Bahkan, pada tangga 20 Juli 1969 menjadi hari dimana manusia pertama kali berjalan di permukaan Bulan. Meski berita tersebut masih menjadi pro kontra, namun semua orang sepakat jika Bulan memiliki peran sangat penting untuk Bumi dan isinya.

Nah, untuk kalian yang sedang cari fakta tentang Bulan, dipembahasan kali ini akan memberikan beberapa fakta unik dan menarik seputar Bulan yang bisa kalian ketahui.

1. Bulan Terbentuk di 4,53 Miliar Tahun Lalu

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa bulan merupakan satelit alami satu-satunya yang dimiliki Bumi. Namun yang harus diketahui bahwa Bulan sudah terbentuk sejak 4,53 miliar tahun lalu.

Mengutip lama Space Facts, mulai terbentuknya Bulan sekitar 30 hingga 50 juta tahun setelah terbentuknya tata surya. Sementara Bumi terbentuk sekitar 4,54 miliar tahun lalu. Lebih lanjut, para peniliti dan astronom menduga jika Bulan terbentuk setelah Bumi terhantam benda besar.

Menurut lama Space, material yang meledak di ruang angkasa tersebut akhirnya membentuk bulan. Meski begitu, teori ini masih diperdebatkan.

2. Bulan Memiliki Gravitasi Lebih Kecil Daripada Bumi

Bumi memiliki gravitasi hingga 9,8 m/s². Sementara Bulan memiliki gravitasi yang lebih kecil, yakni 1,62 m/s². Kecil dan lemahnya gravitasi di Bulan karena memiliki ukuran yang lebih kecil jika dibandingkan dengan Bumi.

Bulan memiliki diameter sekitar 3.474 km. Jika dibandingkan dengan Bumi yang memiliki diameter sekitar 12.742 km ini, maka Bulan memiliki ukuran ¼ dengan Bumi. Karena memiliki gravitasi yang rendah, maka badan manusia akan menyusut di Bulan. Sehingga berat badan akan menambah 16,5% dari berat badan normal di Bumi. Itulah mengapa para astronot di Bulan dapat melompat dengan ringan.

3. Per-tahunnya Bulan Menjauh 4 cm dari Bumi

Menurut penelitian, Bulan menjauhi Bumi sektar 4 cm di setiap tahunya. Jika hal ini akan terus terjadi, maka selama 50 tahun miliar tahun ke depan Bulan membutuhkan waktu hingga 47 hari untuk mengorbitan bumi.

Hal ini bukan berarti bahwa Bulan akan meninggalkan Bumi, namun Matahari akan mengerahkan pasang surut di Bumi untuk memperlambat putarannya.

Menurut alam Forbes, Dengan begitu Bumi akan menari kembali Bulan lebih dekat. Meski begitu, perlu waktu yang sangat lama hingga ratusan miliar tahun.

4. Bulan tidak Memiliki Atmosfer

Bulan tida memiliki atmosfer karena Bulan memiliki ukuran yang kecil dengan medan magnetnya yang cukup lemah. Berbeda dengan Bumi yang memiliki banyak masa untuk bisa menahan atmosfer dan medan magnet yang kuat untuk melindungi.

Mesi begitu, pada masa lalu Bulan sendiri pernah memiliki atmosfer yang diperkirakan sekitar 3,5 miliat tahun lalu. Namun dengan atmosfer yang tipis dan hanya bisa bertahan sekitar 70 juta tahun.

5. Bulan Merupakan Satelit Terbesar Ke-5 di Tata Surya

Fakta unik dan menarik Bulan yang terahir, Bulan menjadi satelit terbesar ke-5 yang ada di tata surya. Urutan pertama ada Ganymede yang mengitari dan bereda di planet Jupiter. Ganymede yang berdiameter 5,262 km disusul dengan Titan yang ada di urutan kedua yang merupakan satelit dari planet Saturnus yang berdiameter 5.150 km.

Callisto yang berada di posisi ketiga merupakan satelit yang dimiliki planet Juputer. Satelit ini berdiameter 4.821 km, kemudian disusul degan satelit planet Jupiter yang memilii uuran 3.643 km.

Kemudian, menurut World Atlas, di posisi ke lima ada Bulan yang berdiameter 3.475 km.