Ilustrasi smartphone. ©2016 Merdeka.com Merdeka.com – Apakah kamu salah satu pengguna Android yang sering melakukan aktivitas menyimpan file secara langsung di dalam perangkat smartphone? Memfungsikan ponsel Android sebagai media penyimpanan ketimbang memakai layanan cloud storage memang lebih praktis dan cepat.

Perlu kamu ketahui, bahwa mengamankan data di ponsel Android menggunakan locksreen ternyata memang belum maksimal, terlebih apabila file yang disimpan bersifat penting dan sangat privasi. Lantas, bagaimana cara melindungi file pribadi dari orang-orang yang tidak bertanggung-jawab.

Agar folder di hp kesayanganmu pastinya terlindungi dengan aman, kamu memerlukan cara agar semuanya dapat berjalan sesuai keinginanmu bukan? Untuk mengetahui secara rinci, berikut kami telah rangkum 5 cara mengunci folder di android yang mudah dilakukan.

1. Gunakan Applock

Cara mengunci folder di Android yang mudah dilakukan pertama adalah dengan menggunakan aplikasi bernama AppLock. Aplikasi ini akan dapat memberikan keamanan pada aplikasi-aplikasi yang ada di dalam HP Android kamu.

Dengan mengamankan aplikasi di HP kamu tentunya folder yang ada di dalamnya akan dijamin keamanannya dan terlindungi dari tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab. Kamu pun bisa memilih kata sandi untuk menguncinya.

Jenis-jenis kata sandi atau password yang bisa kamu pilih yaitu berupa kode atau PIN, pattern, hingga fingerprint. Tak hanya folder ataupun aplikasi, aplikasi ini juga bisa mengunci galeri di HP Android kamu.

Selain itu, kamu juga tidak perlu khawatir apabila suatu saat merasa lupa kata sandi yang telah dibuat, karena aplikasi AppLock ini akan siap untuk mengembalikan kata sandi kamu dengan menanyakan beberapa pertanyaan.

2. Norton App Lock

Cara mengunci folder di Android yang mudah dilakukan berikutnya dengan menggunakan aplikasi yang bernama Norton App Lock. Aplikasi ini biasanya akan menyajikan sistem kata kunci atau sandi dengan berupa PIN.

Dengan aplikasi ini, kamu akan bisa mengunci semua aplikasi yang ada di HP Android kamu, termasuk galeri foto maupun video dan aplikasi-aplikasi media sosial.

Selain itu, Norton App Lock ini juga dapat memotret siapapun yang berusaha untuk meretas kata sandi atau kata pengunci di HP Android kamu

3. Perfect App Lock

Cara mengunci folder di Android yang mudah dilakukan berikutnya adalah dengan menggunakan aplikasi bernama Perfect Lock. Aplikasi ini mengusung tiga tipe kata sandi atau kata pengunci, yaitu berupa PIN, pattern, dan juga gesture.

Sama seperti aplikasi pengunci sebelumnya, kamu juga bisa mengunci setiap aplikasi yang ada di HP Android kamu.

Selain itu, aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur anti-theft. Fitur tersebut akan langsung memotret seseorang yang salah memasukkan kode lebih dari tiga kali dan terindikasi ingin meretas kode atau kata sandi kamu.

4. Smart AppLock

Cara mengunci folder di Android yang mudah dilakukan berikutnya adalah dengan menggunakan aplikasi bernama Smart Applock.
Aplikasi ini dapat mengunci berbagai aplikasi termasuk media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, hingga aplikasi chat seperti WhatsApp dan LINE.

Selain itu, aplikasi ini pun bisa mengunci kontak, panggilan masuk, panggilan keluar, bahkan SMS.

5. Vault App Lock

Cara mengunci folder di Android yang mudah dilakukan berikutnya adalah dengan menggunakan aplikasi bernama Vault App Lock. Dengan menggunakan aplikasi ini, kamu akan bisa mengamankan semua aplikasi di HP Android kamu, termasuk galeri, foto ataupun video.

Vault juga bisa digunakan untuk mengunci SMS, kontak telepon, browser, file yang ditransfer, media sosial, name logs, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Jika kamu memang lupa kata sandi yang telah dibuat, aplikasi ini juga akan membantumu mengembalikan kata sandi kamu dengan melakukan reset ulang yang akan dikirim melalui e-mail

Langkah Mengunci Folder di Hp Android

Untuk mengetahui langkah-langkah mudah apabila kamu memang sedang ingin mengunci suatu folder di HP Android kamu, berikut ini beberapa langkah yang bisa kamu gunakan untuk mengunci folder di HP Android, agar privasi dan keamanan folder akan tetap terjaga.

1. Langkah pertama untuk mengunci folder di Android yaitu dengan memasang aplikasi File Locker
2. Jika sudah memasangnya, silakan jalankan aplikasi File Locker, di mana kamu bisa melihat semua knowledge dan folder di dalam ponsel yang tampilannya hampir menyerupai dengan aplikasi File Manager.
3. Langkah selanjutnya adalah mencari file atau folder yang ingin kamu kunci menggunakan aplikasi ini. Untuk menguncinya, silahkan klik folder yang di dalamnya berisikan file, lalu tekan tombol berbentuk kunci yang berada di sebelah kanan setiap knowledge atau folder.
4. Langkah selanjutnya, silakan ketik password yang sulit diketahui orang lain, namun bisa kamu ingat dengan mudah. Jangan lupa konfirmasi kembali password yang kamu buat, lalu klik tombol lock.
5. Saat ini kamu sudah memberi password folder di Android. Untuk membuka information folder yang kamu kunci, silakan cari file di dalam folder dengan penanda tulisan berwarna merah, kemudian input kembali password yang sudah kamu buat sebelumnya.