Facebook merupakan media sosial yang memiliki banyak pengguna di seluruh dunia. Mulai dari kalangan muda sampai tua dapat menggunakan media sosial ini. Tidak hanya itu, fb juga menyediakan fans web page untuk membantu dalam memenuhi kebutuhan penggunanya.

Berbicara mengenai followers page atau halaman fb, ada kabar baik untuk pemilik fans page fb. Sama halnya dengan youtube, saat ini fans web page fb dapat di monetize melalui konten video. Maksudnya, video yang diupload di halaman facebook dapat menghasilkan uang. Semakin banyak pengunjung halaman yang melihat video, semakin banyak uang yang bisa kamu dapat.

Konten video merupakan salah satu konten pendukung iklan terbesar saat ini. Banyak konten kreator yang sukses mendapatkan revenue puluhan juta hingga ratusan juta rupiah perbulan yang bisa diraup dari platform youtube dan fb. Ada beberapa cara mudah untuk menghasilkan uang dari video di fb. Apa saja itu?

Berikut ini 5 cara mudah dan langkah-langkah monetize video di fb yang bisa kamu coba.

1.Membuat Fanspage

Langkah pertama adalah membuat fanspage. Jika belum memiliki fanspage, kamu bisa membuat fanspage atau halaman facebook terlebih dahulu.

2. Buat Konten yang Menarik

Setelah memiliki halaman fb atau fanspage, mulailah untuk membuat konten yang menarik seperti tulisan, gambar maupun video. Namun, sebelum membuat konten pastikan untuk melengkapi seluruh isi halaman seperti foto, cover, info dan lain sebagainya. Jika sudah membuat konten menarik segera posting di halaman facebook dan share sebanyak-banyak ke grup atau beranda fb untuk mendapatkan like, share dan pengikut.

Seperti yang sudah tertulis di judul artikel, konten yang nantinya di monetize adalah video. Jadi, buatlah konten video sebanyak-banyaknya. Kamu juga bisa mengambil video yang sedang viral disertai dengan sumber.

3. Cara Mengaktifkan Iklan Monetize Pada Fanspage

Setelah halaman beserta konten sudah dibuat, saatnya untuk memenuhi semua persyaratan agar video halaman bisa di monetize facebook. Ada three syarat utama yang kamu harus penuhi sebagai berikut:

Harus Minimal 10.000 Pengikut

Mengapa harus 10.000 pengikut? kualifikasi syarat ini diberikan untuk meminimalisir kecurangan dan tindakan penyalahgunaan. Jika kamu belum memiliki 10.000 pengikut ada baiknya untuk mengembangkan fanpage terlebih dahulu sampai memiliki 10.000 pengikut.

Penayangan 1 Menit Untuk Video 3 Menit

Syarat kedua yang harus dipenuhi lumayan sulit karena dalam waktu 60 hari terakhir, fanspage harus berhasil memiliki penonton 30.000. Itu artinya dalam video yang berdurasi three menit Anda harus memiliki penonton hingga 30.000 dan minimal di tonton dengan durasi satu menit.

Standar Kelayakan Monetisasi

Jika fanspage kamu mengandung konten yang baik, untuk permasalahan standar kelayakan monetisasi bisa diabaikan. Namun, sebaliknya jika konten fanspage fb mengandung unsur yang tidak benar apalagi berbau dewasa, standar menjadi sangat penting untuk diperhatikan. Jika kamu abaikan, fanspage tidak akan diterima untuk di monetize bahkan bisa diblokir permanen.

Country Availability artinya negara yang didukung. Maksudnya, untuk menggunakan fitur monetize facebook negara tempat membuat halaman harus didukung fb. Kabar baiknya, Indonesia sudah terdaftar dan dapat dilakukan monetize pada video jika three syarat diatas terpenuhi.

4. Buka Perpustakaan Konten

Jika sudah memenuhi four syarat utama diatas otomatis halaman facebook sudah bisa di monetize. Selanjutnya buka perpustakaan konten dan di halaman tersebut akan tampil video yang bisa dimonetisasi seperti di kolom Attributes, disitu kamu bisa lihat jika ada tanda dolarnya berarti video bisa dimonetisasi.

5. Aktifkan Monetisasi Video

Setelah memilih video yang diinginkan untuk dimonetisasi, selanjutnya aktifkan fitur advert breaks di dalam video tersebut dengan cara klik emblem dollarnya lalu klik ON pada baris ad breaks dan klik simpan. Iklan siap untuk ditayangkan.

Itulah 5 cara mudah dan langkah-langkah monetize video di facebook yang bisa kamu coba. Semoga bermanfaat!