7 Kelemahan Perusahaan Yang Tidak Memakai Sistem Akuntansi

7 Kelemahan Perusahaan Yang Tidak Memakai Sistem Akuntansi

Akuntansi merupakan suatu pelajaran yang sangat penting untuk diketahui. Banyak sekali jenis dan juga cara mempelajari akuntansi sehingga dapat membuat anda melakukan sistem pembukuan atau akuntansi dengan sangat baik. Anda dapat mencoba untuk mempelajari sistem akuntansi dengan cara yang sangat mudah, yaitu dengan cara memakai sistem aplikasi untuk pembukuan.

Banyak sekali sistem pembukuan atau aplikasi pembukuan yang sangat berguna untuk anda. Aplikasi pembukuan ini akan memberikan anda banyak sekali kemudahan dalam melakukan pembuatan jurnal atau laporan sehingga sangat sesuai jika anda ingin melakukan pendataan dan juga akuntansi untuk perusahaan anda.

Apa yang dimaksud dengan aplikasi pembukuan?

Aplikasi pembukuan adalah sebuah perangkat atau software yang akan memberikan anda kemudahan dalam pencatatan atau juga sebagai catatan segala transaksi keuangan yang anda. Aplikasi pembukuan akan memberikan anda banyak sekali kemudahan karena akan secara otomatis dan juga akurat memberikan anda data mengenai akuntansi dalam perusahaan anda.

Aplikasi pembukuan ini sangat berguna untuk UMKM karena sangat cepat, real time, aman, akurat dan membuat keuangan akan sangat teratur berjalan. Anda dapat melakukan aplikasi pembukuan ini segala jenis urusan seperti harta, keuntungan, kewajiban, modal, biaya dan lain sebagainya.

Bagi anda yang masih belum paham dapat mencoba untuk membuka situs Jurnal by Mekari di link https://www.jurnal.id/id/fitur/aplikasi-akuntansi/pembukuan yang akan memberikan banyak sekali informasi mengenai aplikasi akuntansi terbaik untuk anda. Segala macam pekerjaan ini akan sangat mudah untuk anda lakukan karena bisa dimuat dalam laporan secara real time dan tentu saja bisa diakses dengan sangat mudah. Untuk itu banyak sekali manfaat dari adanya aplikasi pembukuan ini.

Bagaimana jika tidak memakai sistem akuntansi?

Tentunya segala macam perkembangan yang ada dalam aplikasi pembukuan akan membuat anda dapat mengalami banyak kemudahan, lalu bagaimana jika tidak memakainya? Anda bisa menyimaknya dalam ulasan berikut ini. Setidaknya ada 7 kelemahan yang dapat dirasakan oleh perusahaan yang tidak memakai aplikasi pembukuan.

1. Harus dengan manual dalam sistem akuntansi

Untuk perusahaan yang tidak memakai aplikasi pembukuan atau sistem akuntansi, artinya harus melakukan segala pendataan yang ada dalam perusahaan tersebut secara manual. Anda harus mendata dan juga membuat jurnal secara manual dimana sistem akuntansi secara manual akan banyak membutuhkan waktu dan juga tenaga.

Sistem akuntansi secara manual akan membuat data anda harus dicek dan dipastikan sedemikian rupa agar tidak mengalami kesalahan.

Lain halnya jika anda memakai sistem akuntansi, maka anda dapat mempercepat pembuatan jurnal dan tentu saja dapat menjadikan jurnal anda secara mudah dipahami dan selesai dalam kurun waktu yang singkat.

2. Ada human eror atau kesalahan

Sistem akuntansi manual dalam sebuah perusahaan bisa terjadi kesalahan saat ada human eror. Adanya kesalahan dalam 1 data saja bisa menyebabkan suatu data menjadi salah. Hal itu akan sangat dihindari jika anda memakai sistem akuntansi yang otomatis dan memakai aplikasi jurnal untuk pembukuan yang otomatis.

Anda akan mendapatkan banyak sekali keuntungan ketika menggunakan sistem akuntansi yang otomatis daripada hanya menggunakan sistem yang manual.

3. Tidak dapat mengontrol secara real time

Sistem akuntansi yang manual tentu saja tidak dapat dicek secara real time. Artinya anda tidak dapat melihat pembukuan dengan sangat mudah dan saat itu juga. Bisa saja dalam beberapa detik atau jam, sistem akan mengalami perubahan dalam data akuntansi perusahaan. Ketika menggunakan sistem akuntansi yang manual, maka harus di update dulu. Sedangkan jika memakai sistem akuntansi yang otomatis, maka hasil akhir secara keseluruhan akan langsung terlihat.

Sistem akuntansi yang anda buat secara otomatis akan dapat membuat anda mengalami kemudahan dalam melihat kondisi keuangan atau akuntansi secara real time.

4. Pengelolaan pembukuan terbatas

Sistem akuntansi yang dilakukan secara manual akan membuat pengelolaan pembukuan menjadi sangat terbatas. Dalam 1 kali pembukuan akan memakan banyak waktu sehingga tidak dapat multitasking dalam melakukan sistem akuntansi yang manual.

Sedangkan dalam sistem akuntansi yang otomatis, anda akan dapat mengerjakan beberapa jenis pembukuan atau akuntansi yang pastinya dapat membuat lebih banyak pembukuan menjadi sangat mudah dan cepat.

5. Transaksi tidak dapat didata secara otomatis

Adanya transaksi dalam sistem akuntansi yang manual tidak dapat didata dan diupdate secara otomatis. Anda dapat menggunakan sistem akuntansi yang otomatis sebagai salah satu cara mudah dalam melakukan pembukuan. Anda dapat memakai sistem akuntansi yang otomatis sehingga transaksi akan dapat terbaca dan didata dengan sangat mudah.

6. Export bisnis menjadi sulit

Memakai sistem akuntansi yang manual bisa menghambat anda dalam melakukan export bisnis secara mudah. Hal ini dapat menjadi kendala dan kesulitan tersendiri sehingga dapat disarankan jika anda memakai sistem akuntansi yang otomatis saja.

Sistem akuntansi yang otomatis akan memberikan anda kemudahan dalam berbisnis dan juga dalam sistem perusahaan.

7. Sistem pembukuan tidak dapat dikontrol kapan saja

Sistem akuntansi yang otomatis dapat anda kontrol kapan saja dan dimana saja, sedangkan ketika anda memakai sistem akuntansi yang manual hal tersebut tidak dapat anda lakukan. Anda akan butuh waktu dan juga banyak tenaga untuk dapat mengontrol banyak data dalam akuntansi perusahaan anda. Pastinya dalam waktu yang real time dan bisa diakses kapan saja.

Sistem akuntansi secara otomatis akan membuat pergerakan dalam perbukuan perusahaan akan dapat mempercepat kinerja dan data akuntansi di perusahaan anda.

About the author

Pretium lorem primis senectus habitasse lectus donec ultricies tortor adipiscing fusce morbi volutpat pellentesque consectetur risus molestie curae malesuada. Dignissim lacus convallis massa mauris enim mattis magnis senectus montes mollis phasellus.